androidvodic.com

Kabar Baik, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Akan Dioperasikan Fungsional Jelang Idul Fitri Ini - News

News, JAKARTA - Jasa Marga akan mengoperasikan secara fungsional jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah ini.

Ruas jalan tol layang sepanjang 62 kilometer ini akan dibuka demi mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan.

Regional Jasa Marga Metropolitan Tollroad Division Head Reza Febriano mengatakan, jalur tersebut akan difungsikan jika terjadi antrean panjang kendaraan di Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama.

"Ini tentu atas diskresi Kepolisian dengan rencana operasi mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB," kata Reza dalam konferensi video, Selasa (12/5/2020).

Menurut Reza, fungsionalisasi jalur ini bersifat situasional, apabila lalu lintas menuju Tol Cipularang-Padaleunyi ternyata landai maka jalan ini tidak akan dibuka.

Baca: Pabrik Hino Stop Produksi Sementara Hingga 5 Juni 2020

"Kami minta izin ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan Bina Marga Kementerian PUPR. Hingga saat ini terus berkomunikasi dan berkoordinasi juga dengan Kepolisian," kata Reza.

Baca: Iuran BPJS Kesehatan Kok Naik Lagi? Pengusaha Mengaku Berat, Apalagi Masyarakat. . .

Dalam praktiknya nanti, kendaraan akan diarahkan melalui tol fungsional sepanjang 10,2 kilometer mulai dari Simpang Susun Sadang (GT temporer) menuju jalan arteri dan berakhir di perempatan Jalan Industri. 

Baca: Rayakan 20 Tahun Teknologi Hybrid, Toyota Siapkan 2.000 Unit Prius 2020 Edition

"Pengendara bisa masuk kembali jalan tol melalui GT Karawang Timur," ujarnya.

Reza memastikan, kondisi jalan tol yang difungsikan merupakan bagian dari Paket III yang sudah diperkeras dengan cor beton selebar 7 meter, sehingga bisa diakses oleh pengendara.

Baca: Sejak Awal Saya Menduga Pemerintah Akan Berselancar, Putusan MA Dilawan dengan Aturan Baru. . .

Secara keseluruhan, progres konstruksi jalan tol ini sudah mencapai 42 persen yang dimulai dari Simpang Susun Sadang hingga perempatan Jalan Industri.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mencakup tiga paket.

Baca: Kurangi PHK, Pemerintah Bolehkan Warga Usia di Bawah 45 Tahun Beraktivitas Lagi

Paket 1 Jatiasih-Setu/JORR W2 dirancang sepanjang 9,3 kilometer, Paket 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 kilometer, dan Paket 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 kilometer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jelang Lebaran 2020, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Dibuka Fungsional

Penulis : Hilda B Alexander

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat