androidvodic.com

3 Poin Rapat IDF-AS-Mesir: Kairo Kirim Pasukan ke Gaza, Setop Perang Bahkan Jika Netanyahu Tak Mau - News

3 Poin Rapat Komandan IDF-AS-Mesir: Kairo Kerahkan Pasukan ke Gaza, Perang Berhenti Bahkan Jika Netanyahu Tak Setuju

News - Mesir dilaporkan mengumumkan kesediaannya untuk mengerahkan pasukannya di Jalur Gaza untuk jangka waktu terbatas setelah penarikan penuh pasukan Israel pada akhir perang Israel dengan Hamas.

Kabar itu dilansir surat kabar Qatar, Al-Araby Al-Jadeed, mengutip seorang narasumber Mesir, Rabu (19/6/2024).

Pasukan Mesir yang beroperasi di bawah PBB akan mengamankan penyeberangan Rafah di sisi Palestina serta penyeberangan lainnya antara Jalur Gaza dan Israel dan beberapa titik di sepanjang pantai Gaza.

Baca juga: Emblem Seragam Tentara IDF di Gaza Gambarkan Peta Israel Raya: Dari Yordania, Saudi, hingga Mesir

Meski begitu,pasukan Mesir tidak akan ditempatkan di dalam kota dan daerah pemukiman di Jalur Gaza, jelas laporan tersebut.

Pengerahan tentara Mesir ini akan mencakup fase transisi antara penarikan penuh pasukan Israel dan pembentukan pemerintahan Palestina di Jalur Gaza.

Kehadiran militer Kairo di Gaza pascaperang dikabarkan dibahas di sela-sela pertemuan yang dilaporkan diadakan di Bahrain pekan lalu antara Kepala Staf IDF, Herzi Halevi dan jenderal senior dari beberapa negara Arab di bawah naungan US CENTCOM.

Menurut sumber diplomatik Barat yang dikutip Al-Araby Al-Jadeed, pertemuan tripartit diadakan antara Halevi, kepala staf Angkatan Darat Mesir Letjen Osama Askar, dan komandan Komando Pusat AS, Michael Kurilla.

Baca juga: Iran Turun Tangan, Israel Tebar Intrik di Internal Hizbullah, Mossad Lacak Nasrallah Real Time

Tiga topik utama diskusi pada pertemuan tersebut, menurut media Qatar, adalah:

1. Perlunya penghentian segera perang di Gaza.

2. Pengaktifan sistem peringatan dini terhadap drone dan rudal balistik yang ditembakkan oleh Iran dan proksi regionalnya

3. Mengamankan perdagangan maritim di Laut Merah dari Houthi.

Mengenai poin pertama, Al-Araby Al-Jadeed mengutip sumber Mesir yang mengatakan bahwa tentara Israel dan pemerintah AS telah menyatakan tujuan bersama untuk mengakhiri perang sesegera mungkin, bahkan jika para pengambil keputusan politik di Israel tidak setuju. 

Baca juga: Pakar Militer: Jeda Pertempuran Indikasikan Jenderal Israel Mulai Mbalelo, Siap-siap Resign Massal

Baca juga: Analis Militer Israel: Bentrokan Segera Pecah Antara Netanyahu dan Para Komandan Militer IDF

Mengenai ancaman Iran, Kairo dilaporkan telah memutuskan untuk tidak bergabung dalam aliansi militer regional untuk melawan Teheran, mengingat konsultasi yang sedang berlangsung mengenai kemungkinan pemulihan hubungan diplomatik antara kedua negara.

Baca juga: AS-Mesir-Israel Gelar Rapat, Kairo Ogah Buka Perbatasan Rafah Saat IDF Kuasai Koridor Philadelphia

Tentara Mesir di titik perbatasan. Senin (27/5/2024), Tentara Mesir dilaporkan menembaki Tentara Israel di perbatasan titik penyeberangan Rafah setelah berminggu-minggu ketegangan kedua negara yang dipicu invasi Rafah oleh IDF.
Tentara Mesir di titik perbatasan. Senin (27/5/2024), Tentara Mesir dilaporkan menembaki Tentara Israel di perbatasan titik penyeberangan Rafah setelah berminggu-minggu ketegangan kedua negara yang dipicu invasi Rafah oleh IDF. (khaberni)

Konflik Batin Tentara Mesir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat