androidvodic.com

KPU Minta Moderator Debat Tertibkan Cawapres Jika Curi Bicara di Luar Kesempatannya - News

Laporan Warga Tribunews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Moderator debat keempat peserta pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024 atau debat kedua calon wakil presiden (cawapres) dapat bertindak jika terdapat salah satu cawapres yang bicara di luar kesempatannya. 

Baik itu berbicara dalam hal menyela, menjawab atau menanyai cawapres yang berkesempatan bicara.

Baca juga: Profil Rukka Sombolinggi, Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara jadi Panelis Debat Cawapres Kedua

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan permintaan ini lahir usai evaluasi atas debat ketiga sebelumnya.

"Kalau lihat pengalaman debat ketiga kan sempat ada chit-chat antara, bukan pendukung saja, tapi dari paslonnya kan. Nah itu nanti peran moderator. Kita juga ingatkan ke moderator peran-perannya itu," kata Mellaz di kantornya, Rabu (17/1/2024).

Adapun moderator untuk debat keempat ini sudah ditunjuk KPU. Mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

Baca juga: Profil Ridwan Yahya, Panelis Debat Cawapres 21 Januari, Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup

Keduanya diminta KPU untuk mengobservasi debat pertama, kedua, dan ketiga, khususnya terkait peran-peran yang bisa dieksplorasi moderator.

"Bisa jadi nanti problem yang sama akan muncul, atau itu semuanya menambah insting teman-teman moderator nanti pada saat situasi di lapangan di pelaksanaan debat keempat," tuturnya.

Mellaz menjelaskan, jika preseden itu terjadi lagi, maka tanpa harus ada kode tertentu, pihak media penyelenggara akan langsung menghentikan timer agar tidak menyita waktu cawapres yang berkesempatan bicara.

"Dan kemudian moderator tentu harus menyampaikan 'ini waktunya paslon mana'. Itu kami tegaskan, tapi nanti inisiatif sendiri," paparnya.

Baca juga: Debat Keempat Pilpres 2024 Bakal Dimulai dengan Penyampaian Visi Misi dari Cak Imin

Tema debat kedua cawapres kali ini adalah lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat bakal kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Seperti tiga debat sebelumnya, debat bakal berlangsung pukul 19.00 WIB dengan durasi 120 menit. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat