androidvodic.com

Sengketa Pilpres 2024 Usai: Anies Akui Prabowo Sosok Patriot, Ganjar-Mahfud Berlapang Dada - News

News, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak sengketa Pilpres 2024 yang diajukan Pemohon I kubu paslon I Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan juga Pemohon II, kubu paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Amar putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) dibacakan Ketua MK Suhartoyo (MK), dalam sidang pembacaan putusan di gedung MK, Jakarta.

"Dalam eksepsi menolak eksepsi pemohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ucap Suhartoyo, di ruang sidang pleno MK, Senin (22/4/2024).

Demikian pula terhadap gugatan sengketa pilpres yang diajukan oleh pemohon I, kubu paslon I Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, MK juga menolak permohonan untuk seluruhnya.

Baca juga: Poin Penting Dissenting Opinion 3 Hakim MK Terkait Hasil Pilpres 2024, Singgung Presiden Biang Gaduh

"Dalam eksepsi, menolak eksepsi pemohon. Dalam pokok permohonan, Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ucap Suhartoyo.

Diketahui dalam sidang putusan sengketa Pilpres kemarin, terdapat tiga hakim konstitusi yang dissenting opinion atau berbeda pendapat, yakni Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat.

Lalu bagaimana respons pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud terhadap keputusan MK ini?

Anies Akui Prabowo Sosok Patriot

Paslon Pilpres 2024 nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengucapkan selamat atas kemenangan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Anies berharap Prabowo-Gibran dapat menunaikan harapan rakyat untuk kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan di YouTube Anies Baswedan seusai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak pengajuan gugatan soal sengketa Pilpres 2024.

"Bagi kami proses Pilpres 2024 telah terlewati seluruh fasenya."

Baca juga: MUI Minta Masyarakat Ikhlas dan Legowo Terima Putusan MK

"Kami sampaikan ke Pak Prabowo dan Pak Gibran selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan kepada bapak-bapak berdua," kata Anies.

Menurut Anies, Prabowo adalah sosok patriot bangsa yang berintelektual.

Untuk itu, Anies berharap Prabowo dan Gibran dapat mengembalikan demokrasi bangsa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat