androidvodic.com

Ada Ratusan Menara BTS 4G di Area Kahar Papua Belum Dibangun, Ini Jawaban Bakti Kominfo - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Hingga saat ini masih ada 630 menara base transceiver station (BTS) yang belum kunjung terbangun di area Kahar, Provinsi Papua.

Padahal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir 2023 lalu mengamanatkan agar menara BTS di area Kahar harus selesai dibangun maksimal di akhir semester pertama 2024.

Plt. Direktur Sumber Daya dan Administrasi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tri Haryanto mengatakan kendala pembangunan itu karena keadaan kahar.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI untuk membantu mengamankan pembangunan menara BTS 4G di sana.

“BTS 4G ada 4.995 yang sudah on air, kemudian 623 ini masih dalam keadaan kahar sedang dilakukan survei kembali oleh tim yang bekerjasama dengan TNI, lokasi-lokasi yang memang sudah dibangun di tahun ini begitu," ujar Tri di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Tri menjelaskan tantangan pembangunan BTS 4G di area kahar beragam. Di antaranya material pendukung yang hilang dicuri dan rusak sebelum digunakan.

Bakti Kominfo kemudian mengambil keputusan untuk menyimpan material di gudang terlebih dahulu sebelum diangkut lokasi pembangunan.

Baca juga: Kominfo: Menara BTS Masih Tetap Dibutuhkan Meski Ada Starlink

"Beberapa material ada yang hilang saat itu kondisinya sudah ditaruh. Makanya, beberapa material ada di gudang sampai ada putusan pasti survei yang namanya material on area, itu masih di gudang,” urai Tri.

Karena itu, kelibatan TNI sangat dibutuhkan untuk proses pengamanan selama pembangunan BTS 4G. “Ketika barang sudah di site itu kita khawatir akan rusak atau hilang," tuturnya.

Bakti Kominfo meyakini proyek infrastruktur telekomunikasi untuk daerah pelosok tanah air tersebut akan selesai tepat waktu sesuai target Presiden Jokowi.

Baca juga: Menkominfo Budi Arie Targetkan Pembangunan 7.200 Menara BTS 4G Rampung Semester I 2024

“Kendala di 630 BTS ini itu tadi, mudah-mudahan di semester satu ini selesai dan harus segera diselesaikan di tahun 2024," pungkas Tri.

Pembangunan BTS 4G yang dikerjakan Bakti Kominfo seyogyanya ditujukan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Melalui program tol langit ini diharapkan masalah kesenjangan internet di era digital bisa teratasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat