androidvodic.com

Saat Pemerintah Kesulitan Beri Insentif Motor Listrik - News

News, JAKARTA - Program subsidi berupa insentif sebesar Rp 7 juta untuk pembelian satu unit motor listrik bagi masyarakat tertentu telah berjalan hampir tiga bulan.

Namun hasilnya masih jauh dari harapan.

Masyarakat yang bisa mendapatkan subsidi motor listrik, yakni pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) maupun bantuan subsidi upah dan penerima subsidi listrik 450 hingga 900 VA.

Baca juga: Selis Kenalkan Motor Listrik dengan Dinamo 7.200 Watt di Jakarta Fair Kemayoran 2023.

Hingga kini baru hanya 4 motor listrik yang tersalurkan kepada empat kriteria penerima subsidi tersebut.

Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, menyampaikan siang ini pihaknya dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan mengadakan rapat mengenai lambannya program insentif pembelian kendaraan listrik.

"Nanti kita akan rapat lagi dengan pak Menko Marves, bagaimana menyikapi yang saat ini terjadi. Mengapa ini kok lamban, pasti harus ada evaluasi," tutur Moeldoko dalam FGD di Kantor Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Melalui rapat evaluasi tersebut, Moeldoko menyebut bisa saja tercipta suatu kebijakan baru untuk mengakselerasi program ini.

"Apakah nanti akan keluar kebijakan baru? Belum tahu. Tetapi sekali lagi, jangan sampai nanti pemerintah di cap tidak berpihak kepada masyarakat miskin. Ini dilema tetapi kita harus ada solusi," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bobby Gafur Umar, menyampaikan Kadin sangat mendukung program pemerintah ini, karena bisa menghemat devisa dari sisi subsidi BBM dan mengurangi emisi karbon.

"Program ini diharapkan bisa membuat suatu pertumbuhan ekonomi bernilai tambah, menciptakan lapangan kerja baru dan dengan program insentif ini bisa mendekatkan harga kendaraan listrik ini pada konsumennya.

Baca juga: Baru 720 Proses Pendaftar, Menperin Ungkap Subsidi Motor Listrik Terhambat Kultur

Tetapi memang implementasinya perlu beberapa adjustment. Kami koordinasi terus menerus dengan pemerintah.

Jadi kami harapkan hasil meeting hari ini akan kami sampaikan langsung siang ini ke pemerintah," ungkap Bobby.

Yang Daftar Baru 720 Orang

Berdasarkan data dari website SISAPIRa, saat ini sudah ada 720 proses pendaftaran dengan lima yang terverifikasi dan baru empat yang tersalurkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat